Senin, 19 Juni 2017

Pengertian Internet



Hampir semua orang di belahan dunia sudah tahu apa itu internet. Tapi terkadang juga belum tahu juga apa arti internet tersebut. Nah karena salah satu alasan ini, penulis akan menyampaikan pengertian internet menurut berbagai sumber. 

Wikipedia mengatakan  Internet kependekan dari interconnection-networking, yang artinya jaringan komputer yang saling terhubung di seluruh dunia. Jadi sederhananya seperti ini penjelasannya, ketika saya menulis artikel ini dan saya upload, kemudian artikel ini dibaca oleh pengunjung seperti anda. Nah itu adalah salah contoh, karena tulisan saya bisa dibaca dimana saja, di lain negara bahkan bisa dibaca 5 tahun kemudian. 

Sedangkan pengertian internet menurut sumber yang lain dibawah ini :

Menurut (Rohani, 2015) Internet saat ini telah menjadi sarana informasi yang semakin hari semakin luas. Internet menyajikan informasi yang tak terbendung dan tak terkendali. Informasi yang berguna maupun sampah semuanya semakin banyak dan dapat diakses oleh siapa saja.

Perkembangan teknologi komputer khususnya dunia internet saat ini semakin pesat. Kebutuhan akan akses internet dalam kehidupan sehari-hari menjadi penting, hal ini ditandai dengan maraknya penyedia layanan internet dari operator seluler yang menawarkan biaya yang sangat terjangkau, berbeda dengan beberapa tahun yang lalu dimana biaya untuk berlangganan internet masih sangat mahal. Dengan mudahnya masyarakat mengakses internet, setiap orang ingin mencari informasi yang mereka butuhkan melalui website atau blog. Untuk memudahkan mencari website yang ada di internet, diperlukan sebuah mesin pencari atau Search Engine (Cahyono, 2013).

Menurut (Riyanto, 2015) Internet dalam bisnis digunakan untuk pertukaran informasi, katalog produk, media promosi, surat elektronik, bulletin boards, kuesioner elektronik, dan mailing list. Internet juga bisa digunakan untuk berdialog, berdiskusi, dan konsultasi dengan konsumen secara on-line, sehingga konsumen dapat dilibatkan secara proaktif dan interaktif dalam perancangan, pengembangan, pemasaran, dan penjualan produk. Tujuan perusahaan atau pelaku bisnis membuat website untuk usaha bisnisnya yaitu mengembangkan pemasaran dan distribusi serta mengembangkan informasi baru dari produk yang dapat diakses lewat Web.

Demikian uraian sederhana tentang internet. Harapannya nanti bisa saya revisi atau ditambahkan dari nara sumber yang lain. Semoga bermanfaat.

Referensi :
Wikipedia. "Internet". https://id.wikipedia.org. 5 Juni 2017. web. 19 Juni 2017.

Cahyono dkk. 2013. “Penerapan Teknik SEO (Search Engine Optimization) Pada Blog (Studi Kasus: Nova13.Com). “Jurnal Teknologi Technoscientia, vol. 6, no.1,  pp. 80-88.

Riyanto, A. D. 2014. “Pemanfaatan Google Trends Dalam Penentuan Kata Kunci Sebuah Produk untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku Bisnis di Dunia Internet “. Seminar Nasional Informatika 2014, pp. 52-59.

Rohani, Y. 2015. “Perbandingan Efektifitas Penelusuran Informasi Ilmiah Menggunakan Search Engine GoogleDan Search Engine Bing“. Jurnal Bianglala Informatika, vol. 3,  no. 1,  pp. 41-49.

0 komentar:

Posting Komentar